Selasa, 01 November 2016

Pengertian dan Hukum Bacaan Mad Thobi'i Beserta Contohnya

Pengertian dan Hukum Bacaan Mad Thobi'i Beserta Contohnya

Pengertian dan Hukum Bacaan Mad Thobi'i Beserta Contohnya - Dalam mempelajari ilmu tajwid, tidak hanya berupa waqaf dan washal saja, akan tetapi hukum bacaan juga harus dipelajari sebelum maupun sesudah huruf tajwid.

Maka dari itu setiap umat muslim diwajibkan untuk belajar ilmu tajwid dimana nantinya akan membantu kita dalam proses belajar-mengajar kepada orang lain untuk membaca Al-Qur’an secara benar dan fasih. Masih sangat minim sekali orang yang paham tentang hal ini, maka dari itu segeralah Anda belajar untuk generasi muda berikutnya, terutama generasi muda Indonesia.

Di dalam Al-Qur’an terdapat banyak sekali hukum bacaan, terutama hukum bacaan mad yang ada 15 bacaan jumlahnya. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips agar Anda bisa lebih mudah memahami serta mempelajari salah satu dari 15 mad tersebut yang bernama Mad Thobi'i.

Pengertian dan Hukum Bacaan Mad Thobi’i

Mad Thobi’i merupakan salah satu cabang dari hukum Mad. Arti dari Mad Thobi’i yaitu biasa atau alami, yang artinya tidak kurang dan tidak lebih. Mad Thobi’i dibaca sepanjang 1 alif atau 2 harakat. Dalam ilmu tajwid, Mad Thobi’i juga sering disebut dengan Mad Ashli, artinya asal mula kejadian (asal-muasal), dan merupakan kunci dasar dalam mempelajari hukum-hukum Mad Far’i.

Apabila ada alif ( ا ) terletak sesudah fathah atau ya’ sukun ( ي ) sesudah kasrah ( ―ِ ) atau wau ( و ) sesudah dhommah ( ―ُ ) maka hukum bacaannya Mad Thobi’i. Mad berarti panjang, sedangkan Thobi’i artinya biasa.

Contoh Bacaan Mad Thobi’i

Contoh apabila huruf alif (ا) jatuh sesudah harakat fathah:  سا, ما, نا, وا, حا
Contoh apabila huruf wau (و) jatuh sesudah harakat dhommah: سو, مو, نو, وو, حو
Contoh apabila huruf ya’ (ي) jatuh sesudah harakat kasrah: سي, مي, ني, وي, حي

Contoh kalimat : كتَا بٌ - يَقُوْلُسمِيْعٌ

Artikel Terkait

Salah satu santri TPQ Rahmatul Ihsan yang ingin berbagi pengetahuan di dunia maya.

4 komentar

Sangat bagus penjelasannya walaupun ada yg belum saya pahami tp bukan artikelnya yg kurang rinci tp dari saya yg tdk terlalu cepat paham klu tdk di baca berulang-ulang.

Sangat bermanfaat bagi seluruh kehifupan

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon