Selasa, 14 Februari 2017

Pengertian, Cara Membaca dan Contoh Idgham Mimi atau Idgham Mitslain

Pengertian, Cara Membaca dan Contoh Idgham Mimi atau Idgham Mitslain

Pengertian Idgham Mimi atau Idgham Mitslain

Idgham Mistlain atau sering disebut juga Idgham Mimi adalah suatu hukum tajwid yang terjadi ketika ada huruf hijaiyah Mim Sukun ( مْ ) bertemu dengan huruf Mim, namun harus memiliki harakat ( مَ  مِ , مُ ). Disebut Mitslain sebab hukum ini terjadi antara pertemuan dua huruf hijaiyah yang mempunyai makhraj dan sifat yang sama persis, tetapi di khususkan untuk huruf hijaiyah Mim Sukun yang bertemu huruf Mim yang berharakat.

Dinamakan Idgham sebab cara membacanya yaitu dengan cara menggabungkan (meleburkan) dari satu huruf ke dalam huruf hijaiyah sesudahnya, biasanya hukum ini dinamakan dengan istlah di-tasydid-kan.

Cara Membaca Idgham Mimi atau Idgham Mitslain

Hukum bacaan Idgham Mimi ini adalah memasukkan suara Mim Sukun kedalam Mim yang berharakat dan dibaca dengan cara mendengung sekitar 2 - 3 harakat atau 1 sampai 1 1/2 Alif.

Contoh Bacaan Idgham Mimi atau Idgham Mitslain

1. Surat Al-Quraisy ayat 4

Contoh Bacaan Idgham Mimi pada Surat Al-Quraisy ayat 4

2. Surat Al-Qodr ayat 4

Contoh Bacaan Idgham Mimi pada Surat Al-Qodr ayat 4

Hukum Idgham Mimi atau Mitslain ini hanya berlaku pada saat Mim Sukun ( مْ ) bertemu dengan huruf Mim yang berharakat ( مَ  مِ , مُ ).  Dan apabila huruf Mim Sukun tersebut belum bertemu dengan huruf Mim yang memiliki harakat (hidup), maka wajib dibaca Idzhar. Cara membacanya pun juga berbeda, yakni dibaca jelas tanpa ada dengung.

Seperti pada contoh Surat Al-Qodr ayat 4 di atas yang pertama, sebab adanya waqof (berhenti) di kata robbihim, maka tidak boleh dibaca dengung. Sementara pada contoh kedua, karena tidak waqof, maka … robbihimmmminng kulli amr harus dibaca mendengung 1 sampai 1 1/2 Alif.

Artikel Terkait

Salah satu santri TPQ Rahmatul Ihsan yang ingin berbagi pengetahuan di dunia maya.

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon