Kamis, 22 September 2016

Bacaan Doa Setelah Mendengarkan Adzan

Bacaan Doa Setelah Mendengarkan Adzan

Bacaan Doa Setelah Mendengarkan Adzan - Manfaat dari seorang muslim ketika mendengarkan Adzan yaitu dijanjikan oleh Nabi Muhammad SAW supaya masuk surga dimana saat mendengarkan Adzan ia mau menjawab Adzan tersebut dan juga berdo'a setelah mendengarkan Adzan. Sedangkan waktu setelah Adzan dan Iqomah merupakan waktu do'a mustajab agar dikabulkan oleh Allah SWT.

Adzan yang dikumandangkan Mu'adzin dalam sehari sebanyak 5 kali yakni pada saat hendak sholat melaksanakan Sholat Dhuhur, Sholat Ashar, Sholat Maghrib, Sholat Isya' dan Adzan Sholat Subuh. Definisi dari Adzan sendiri adalah bentuk kalimat suci dan mempunyai fungsi sebagai panggilan bagi seluruh muslimin dan muslimat untuk mengerjakan sholat fardhu.

Sehingga ada baiknya jika kita sebagai seorang muslim saat ada Mu'adzin yang sedang mengumandangkan Adzan, kita harus mendengarkan dan menjawabnya. Setelah Adzan selesai dikumandangkan kita setidaknya membaca do'a setelah Adzan kemudian bergegas mangambil air wudhu dan menuju ke Masjid agar dapat mengerjakan sholat wajib secara berjamaah. Adapun Bacaan Do'a Sesudah Adzan yang bisa kita amalkan setiap harinya adalah sebagai berikut:

Do'a Sesudah Adzan

Artinya: ” Ya Alloh, Rabb seruan yang sempurna ini dan shalat yang berdiri, berilah kepada Nabi Muhammad SAW wasilah dan keutamaan, dan bangkitkanlah ia pada tempat yang terpujii yang Engkau janjikan ” (H.R. Al-Bukhari).

Sekian artikel yang dapat saya sajikan, dan apabila ada tulisan saya yang mengganjal dalam hati pembaca saya probadi mohon maaf sebesar-besarnya. Sebelum saya tutup, mungkin ada diantara sobat muslim yang ingin bertanya atau belum jelas dengan artikel ini. Untuk itu sobat semua bisa bertanya di kolom komentar, Insya'Allah jika tidak berhalangan akan saya jawab. Sekian dan terima kasih sudah berkunjung.

Artikel Terkait

Salah satu santri TPQ Rahmatul Ihsan yang ingin berbagi pengetahuan di dunia maya.

4 komentar

Boleh nih di hafalin buat bacaan doa setelah mendengar adzan dzuhur nanti :-)

Doa ini memang sangat penting sekali ya karena tandanya kita mendengarkan dengan khusu adzan sampai selesai dan apabila sudah selesai langsung bacakan ayat ini akan lebih muantappp rasa dan pahalanya juga apalagi kalau langsung sholat.

iya gan silahkan dihafalin.. :D

iya gan, apalagi ditambah dengan sholat berjama'ah pasti pahalanya akan semakin komplit.. hehe :D

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon