Selasa, 06 Desember 2016

10 Keutamaan atau Fadhilah Sholat Berjamaah

10 Keutamaan atau Fadhilah Sholat Berjamaah - Sholat merupakan rukun Islam yang kedua dimana hal tersebut sangatlah penting bagi kita untuk melaksanakannya. Namun terkadang karena kesibukan aktivitas kita sehari-hari, shalat tidak menjadi yang utama dan selalu diakhirkan, padahal ibadah menghadap Allah SWT secara langsung ini wajib kita lakukan dan tidak boleh ditunda-tunda.

Allah SWT memerintahkan kita untuk sholat adalah agar kita bisa hidup sehat, memudahkan rezeki, meningkatkan daya pikir seseorang, dan lain-lain. Akan tetapi hal tersebut tentu akan lebih baik jika kita melaksanaknnya secara berjamaah.

Untuk itu shalatlah diawal waktu dan usahakan secara berjamaah, bagi laki-laki sangat dianjurkan untuk melaksanakan sholat berjamaah di masjid.

Di samping itu, sholat yang dikerjakan berjamaah juga memiliki keistimewaan tersendiri bagi yang mengerjakan, setidaknya ada 10 Keutamaan atau Fadhilah Sholat Berjamaah yang bisa saya tulis disini.

10 Keutamaan atau Fadhilah Sholat Berjamaah

1. Pahala langkah kaki

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah dan Muslim pernah menyebutkan, “Seseorang yang berjalan menuju masjid, maka tiap langkah kakinya akan diberikan satu pahala, dihapuskan satu dosa, dan dinaikkan satu derajat oleh Allah SWT.”

Hal ini tentu saja berbeda dengan seseorang yang pergi ke masjid dengan menggunakan kendaraan, dan pahala tersebut tidak akan didapat. Oleh karena itu, jika rumah kita dekat dengan masjid, itu adalah kesempatan untuk mendapatkan salah satu keutamaan dari sholat berjamaah.

2. Pahala menunggu waktu shalat

Banyak diantara kita yang berangkat ke masjid ketika adzan dikumandangkan dengan tujuan supaya sholat bisa cepat selesai. Dan saat menunggu datangnya waktu iqamah, tak jarang dari kita merasa bosan sehingga kita menggunakan waktu luang itu untuk bermain HP, atau berbincang dengan orang sebelah kita, padahal waktu tersebut sebenarnya bisa mendatangkan pahala bagi kita jika kita berdzikir kepada Allah.

“Orang yang menunggu sholat di masjid diberi pahala seperti sedang sholat.” (HR. Bukhari:611)

3. Di do’akan Malaikat

Seseorang yang menunggu waktu shalat, tepatnya dari masuk masjid hingga waktu tiba shalat, maka ia akan didoa'kan oleh para malaikat dengan doa : “Ya Allah Ampunila dia, Ya Allah ampunilah dia”, tanpa henti sampai waktu shalat.“

4. Mendapat naungan saat kiamat

Kita semua tahu tentang dasyatnya hari akhir kelak, dan kita juga tahu bahwa di hari tersebut akan terasa sangat panas, sebab posisi matahari hanya beberapa jengkal di atas kita. Akan tetapi ada 7 golongan yang dinaungi (ada yang bilang awan, ada yang bilang arsy Allah) kelak. Dan diantara 7 golongan itu ialah orang yang gemar pergi ke masjid untuk sholat berjamaah.

5. Doa malaikat ketika di shaf terdepan

Selain di doakan oleh para malaikat ketika menunggu waktu shalat, seseorang yang berada di shaf paling depan juga akan didoakan oleh malaikat sebagaimana sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Hibban. “Sesungguhnya Allah dan para Malaikat memberikan sholawat kepada orang-orang yang berada di shaf pertama.” (HR. Ibnu Hibban no.2157).

Menanggapi sabda Beliau, para sahabat kemudian bertanya, “Apakah juga kepada orang-orang yang berada di shaf kedua wahai Rasulullah? ” Kemudian Rasulullah SAW menjawab, “Juga kepada orang-orang yang berada dishaf kedua.” (HR. Ahmad dan Ath Thabrani, dihasankan oleh Syaikh Al Albani)

6. Sholat Dzuhur, Ashar, Magrib dan 27 pahala

Dalam tiga waktu sholat (Dzuhur, Ashar dan Maghrib), masing-masing akan diberi pahala sebanyak 27 pahala jika dikerjakan dengan berjamaah.

“Kalau shalat dzuhur jamaah, ashar jamaah, dan magrib jamaah, masing masing dilipatgandakan 27 kali kalau kita laksanakan secara jamaah.” (HR. Muslim)

7. Sholat Isya dan 59 pahala

Seorang muslim yang mengerjakan sholat Isya' dengan berjamaah, entah itu di masjid atau bersama keluarga, ia akan diberi ganjaran sebanyak 59 ganjaran.

“Seseorang yang melaksanakan shalat isya dengan berjamaah, maka dia akan mendapat pahala 59 kali lipat.” (HR. Muslim)

8. Sholat Subuh dan 119 pahala

Berbeda dengan sholat yang lain, sholat Subuh memiliki keistimewaan tersendiri, sebab merupakan waktu sholat yang paling berat dimana kebanyakan orang memang masih menikmati waktu tidurnya. Seseorang yang mengerjakan sholat Subuh secara berjamaah, ia akan dilipatgandakan pahalanya sebanyak 119 pahala.

“Seseorang yang melaksanakan shalat subuh berjamaah, maka orang itu akan mendapatkan pahala 119 kali dibanding shalat sendiri.” (HR. Muslim)
Baca juga: 14 Manfaat Siwak Menurut Medis Nabawi

9. Pahala ketika sakit

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud menyebutkan, “Ketika kita sedang sakit dan tidak mampu ke masjid (padahal biasanya pergi ke masjid) dan melaksanakan shalat di rumah, orang tersebut akan mendapat pahala yang sama seperti waktu shalat di masjid.” (HR. Abu Daud:2687)

10. Terhindar dari sifat munafiq

Orang munafiq memang akan susah untuk mengerjakan shalat Subuh dan Isya, belum lagi dilakukan secara berjamaah. Maka orang yang mampu mengerjakan shalat shalat itu, niscaya akan terhindar dari sifat munafiq.

“Tidak ada sholat yang lebih berat bagi orang-orang munafiq dari pada sholat subuh dan isya. Seandainya mereka tahu nilai yang terkandung di dalam kedua sholat itu, pastilah mereka mendatangi (masjid) kedua sholat itu meskipun dengan merangkak.” (HR. Bukhori:617)

Sungguh banyak sekali manfaat sholat yang dilakukan secara berjamaah. Mungkin dari penjelasan 10 Keutamaan atau Fadhilah Sholat Berjamaah diatas ada yang kurang jelas, bisa ditanyakan di kolom komentar yang tersedia.

Artikel Terkait

Salah satu santri TPQ Rahmatul Ihsan yang ingin berbagi pengetahuan di dunia maya.

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon