Senin, 28 November 2016

14 Manfaat Siwak Menurut Medis Nabawi

14 Manfaat Siwak Menurut Medis Nabawi - Siwak atau miswak (Arab: سواك) merupakan akar atau dahan dari pohon arak Salvadora persica yang bisa kita manfaatkan untuk membersihkan gigi, gusi dan juga rongga mulut.

Pohon Arak (Salvadora persica) ini biasanya akan mudah ditemukan di kawasan Semenanjung Arab, atau juga di daerah-daerah kering lainnya di Asia Barat dan Afrika. Pohon Arak termasuk dalam kategori pohon berukuran kecil, seperti belukar dengan batang yang bercabang, dan jika kulitnya dikelupas warnanya agak keputihan dan mempunyai banyak juntaian serat.

14 Manfaat Siwak Menurut Medis Nabawi

Akar pohon ini berwarna coklat dan dibagian dalamnya berwarna putih serta memiliki aroma seperti seledri dan rasanya pun agak sedikit pedas. Selain itu, istilah Siwak juga digunakan untuk pembersih gigi yang berasal dari ranting pohon lain seperti Zaitun atau sejenisnya.

Umumnya orang-orang di negara-negara muslim memanfaat siwak ini sebagai alat untuk menyikat gigi sehari-hari. Meski terdengar agak kuno, tetapi hasil ilmiah membuktikan akan kehebatan manfaat kayu siwak atau miswak ini dibanding alat pembersih gigi lainnya seperti sikat gigi.

Kandungan didalam siwak atau miswak dapat digunakan untuk mencegah penyakit gusi. Di samping itu, bersiwak juga merupakan sunnah Nabi Muhammad SAW yang perlu kita lestarikan sebagai bukti kecintaan kita terhadap beliau. Lantas, apa saja manfaat kayu siwak ini sehingga Islam sangat mengajurkannya? Berikut adalah penjelasannya.

Manfaat Siwak Menurut Pandangan Islam

Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa seseorang yang memakai siwak adalah sunnah, atau tindakan yang dianjurkan. Dalam hal ini pernah dijelaskan dalam sebuah hadis yang berbunyi : “Siwak membersihkan gigi, dan ini menyenangkan Allah. Setiap kali Jibril mengunjungiku, dia menyuruhku menggunakan siwak, hingga aku pun khawatir bahwa menggunakan siwak diwajibkan. Seandainya tidak khawatir akan membebani (merepotkan) umatku, aku akan mewajibkannya.” (HR. Bukhori dan Muslim, Irwaul Golil No 70).

Siwak atau miswak juga memiliki beberapa faedah yang sangat besar, salah satu diantara faedahnya yang paling besar adalah yang telah dianjurkan dalam hadits yang diriwayatkan Imam Ahmad:

السِّوَاكُ مَطْهَرَةٌ لِلْفَمِ مَرْضَاةٌ لِلرَّبِّ

“Siwak adalah pembersih bagi mulut, sesuatu yang membuat Allah ridho.” (HR. Ahmad)

Tidak hanya itu, fadhilah lain bersiwaknya seseorang sebelum melakukan shalat adalah sebanding dengan 70 kali shalat dengan tidak menggunakan siwak. Hal ini juga pernah diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam sebuah hadits:

“Keutamaan shalat dengan memakai siwak itu, sebanding dengan 70 kali shalat dengan tidak memakai siwak.” (HR. Ahmad)

Dan satu kali kita bertasbih kepada Allah dengan diawali siwak, maka dihitung 70 kali bertasbih. Shalat yang diawali dengan bersiwak, maka akan akan terhitung 70 kali shalat. Dan dua rakaatnya shalat tahajjud yang diawali dengan bersiwak, maka shalatnya akan dihitung 140 rakaat tahajjud.
Baca juga: Hukum Mengucapkan Selamat Ulang Tahun dalam Islam
Siwak juga merupakan salah satu bentuk toleransi yang diberikan kepada kita yang tengah melaksanakan puasa, dan dapat dipakai ketika siang hari tanpa merusak ibadah puasa. Di dalam Shahih Bukhari dari sahabat Amir bin Rabiah r.a, ia berkata, “Saya melihat Nabi SAW membersihkan gigi beliau dengan siwak ketika beliau berpuasa, berulang kali, hingga saya tidak bisa menghitungnya.”

Adapun manfaat siwak dalam kitab Ath-Thubbun Nabawi (Medis Nabawi) yang disusun oleh Ibnu Qoyyim dijelaskan ada 14 khasiat atau manfaat dari kayu siwak ini.
  1. Membersihkan mulut
  2. Membersihkan gusi
  3. Menguatkan penglihatan
  4. Mencegah pendarahan
  5. Membersihkan atau menjernihkan otak
  6. Memperlancar saluran nafas (bicara)
  7. Menjernihkan suara
  8. Menyehatkan pencernaan
  9. Mencegah gigi berlubang
  10. Membantu pencernaan makanan
  11. Menggiatkan bacaan
  12. Menahan tidur
  13. Mendatangkan ridho Allah Ta’ala
  14. Dikagumi malaikat
Itulah 14 Manfaat Siwak Menurut Medis Nabawi. Anjuran menggunakan siwak untuk membersihkan gigi, bukan berarti kita dilarang untuk menggunakan sikat gigi sebagai media untuk membersihkan gigi. Bahkan semua itu dibolehkan. Namun tentunya akan lebih utama jika kita menggunakan kayu siwak, sebab ia memiliki fadhilah, yaitu membuat Allah ridho dan merupakan pahala bagi pelakunya karena telah mengikuti sunnah Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Artikel Terkait

Salah satu santri TPQ Rahmatul Ihsan yang ingin berbagi pengetahuan di dunia maya.

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon