Rabu, 05 Oktober 2016

Kisah Wali yang Suka Menyendiri

Wali yang Suka Menyendiri

Wali yang Suka Menyendiri - Sejatinya memang waliyullah suka menyendiri untuk berdzikir kepada Allah SWT. Mereka tidak pernah menampakkan kelebihan yang dalam diri mereka, kalaupun menampakkan semata itu untuk berdakwah dan tidak akan bisa melakukannya tanpa seizin Allah SWT. Sama halnya seperti pemuda ini, ia tampak terlihat biasa di mata semua orang, namun setelah ditanya oleh Nabi Khidzir, ia mampu menjawabnya. Berikut kisahnya!

Diceritakan dari Abu al-Abbas al-Khudlori radhiyallahu 'anhu., sesungguhnya beliau ditanya tentang sebagian wali-wali Abdal:

"Apakah engkau pernah melihat seorang wali Allah SWT yang lebih tinggi derajatnya darimu?"

Nabi Khidzir menjawab: "Iya, benar. Aku pernah masuk masjid Rasulullah saw di Madinah. Kemudian aku melihat Syaikh Abdurrozzaq, dan di sekelilingnya terdapat para jama'ah yang sedang mendengarkan penjelasan hadits beliau, sedang di sudut masjid itu ada seorang pemuda duduk meletakkan kepala di atas lututnya. Kemudian aku bertanya kepadanya: 'Wahai pemuda! Tidakkah kamu melihat para jama'ah sedang mendengarkan penjelasan hadits-hadits Rasulullah saw dari Syaikh Abdurrozzaq? Mengapa kamu tidak menyimak bersama mereka?'"

"Ia tidak mengangkat kepalanya kepadaku dan tidak mempedulikan aku, melainkan ia berkata: 'Disana ada orang yang mendengarkan penjelasan Syaikh Abdurrozzaq, dan disini ada yang mendengarkan dari Allah Yang Maha Memberi Rezeki, bukan dari hamba-Nya!'"
Baca juga: Semua Penduduk Negeri Masuk Islam Gara-Gara Wanita Gila
"Nabi Khidzir bertanya: 'Jika apa yang kamu katakan itu benar, lalu siapakah aku?'"

"Pemuda itu mengangkat kepalanya memandang aku seraya menjawab: 'Jika firasatku benar, kamu pasti Nabi Khidzir!'"

"Maka aku mengerti bahwa sesungguhnya Allah mempunyai wali-wali yang tidak aku ketahui karena keluhan derajat mereka." Semoga Allah meridhoi mereka semua, dan memberikan manfaat kepada kita lantaran mereka. Amin...

Hikmah cerita: Ini adalah salah satu contoh orang yang tinggi tingkatan kewaliannya itu suka menyendiri dan tidak menampakkan diri.

Waliyullah adalah orang-orang pilihan Allah SWT yang patut kita teladani jejaknya. Tak jarang orang-orang spesial ini menyamar sebagai anak kecil, pemuda, musyafir, bahkan orang gila. Oleh karena itu, kita tidak boleh memandang seseorang dari dhohirnya saja, belum tentu orang yang kita olok-olok tersebut lebih baik dari kita. Bisa jadi, orang itu memiliki kelebihan tersendiri yang tidak di miliki oleh orang pada umumnya. Semoga termotivasi.

Artikel Terkait

Salah satu santri TPQ Rahmatul Ihsan yang ingin berbagi pengetahuan di dunia maya.

1 komentar so far

Berdzikir itu memang sangat enak saat menyendiri karena fokus dan konsentrasi tidak terganggu orang lain :-)

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon