Senin, 06 Maret 2017

Hikmah dari Peristiwa Isra' Mi'raj

Hikmah dari Peristiwa Isra' Mi'raj

Isra' Mi'raj adalah dua bagian dari perjalanan Nabiyullah Muhammad SAW dalam waktu yang sangat singkat, yakni satu malam saja. Peristiwa ini merupakan satu-satunya peristiwa yang paling menakjubkan bagi umat Islam, sebab disinilah Nabi Muhammad SAW pertama kali mendapat perintah untuk menunaikan shalat lima waktu.

Dalam kejadian bersejarah ini, tentu saja terdapat hikmah yang bisa dijadikan pelajaran bagi kita semua, terkhusus bagi seorang muslim yang merupakan umat dari baginda Rasulullah SAW. Adapun hikmah dari peristiwa Isra' Mi'raj ini antara lain:

1. Peristiwa Isra' Mi'raj membuktikan bahwa kekuasaan Allah tidak bisa dibatasi oleh ruang dan waktu. Akan muncul akan sederet keberatan ilmiah jika kita mencoba mendekatinya dengan ilmu pengetahuan. Sebagai umat Muhammad SAW kita wajib menyisakan ruang dalam hati untuk selalu percaya dan mengimaninya secara tulus.

2. Peristiwa Is'ra Mi'raj hanya dapat diterima dengan keyakinan yang mendalam bahwa hal tersebut memang benar-benar ada dan pernah terjadi atas dasar kekuasaan Allah yang diinformasikan-Nya dalam Al-Quran, sedang apa yang termaktub dalam Al-Quran adalah haq keberadaannya.

3. Peristiwa Is'ra Mi'raj yang bernuansa ruhaniah itu mendorong manusia untuk melakukan hubungan dengan Allah secara langsung dengan Tuhannya melalui ritual shalat serta membangun persaudaraan antara manusia dengan seluruh makhluk-Nya, sebab shalat diantaranya memiliki fungsi menahan yakni menjadikan manusia untuk tidak melakukan berbagai keburukan yang justru dapat menjatuhkan nilai harkat dan martabat dirinya sebagai makhluk paling sempurna.

4. Peristiwa Is'ra Mi'raj bisa dikatakan sebagai penguji keimanan kita. Sejatinya manusia tidak hanya ditantang dengan tanda-tanda kekuasaan Allah yang tampak, namun Allah juga menyodorkan tantangan-Nya berupa tanda-tanda kekuasaan yang jauh di luar jangkauan akal manusia. Wallahu a'lam.

Artikel Terkait

Salah satu santri TPQ Rahmatul Ihsan yang ingin berbagi pengetahuan di dunia maya.

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon