Kamis, 16 Februari 2017

Pengertian, Cara Membaca dan Contoh Bacaan Ikhfa

Pengertian Bacaan Ikhfa'

Ikhfa’ jika dilihat dari hurufnya (etimologi / harfiah) memiliki arti samar atau bisa juga berarti sembunyi.

Di dalam ilmu tajwid, bacaan Ikhfa terjadi apabila ada Nun Sukun ( نْ ) atau tanwin ( ــًــ, ــٍــ, ــٌــ ) bertemu dengan huruf hijaiyah yang jumlahnya ada 15. Ikhfa atau Ikhfa Haqiqi maknanya adalah menyamarkan atau menyembunyikan huruf Nun Sukun dan juga tanwin masuk ke dalam huruf sesudahnya. Adapun huruf yang termasuk dalam bacaan Ikhfa adalah antara lain :

ت – ث – د – ذ – ز – س – ش – ص – ض – ط – ظ – ف – ق – ك

Cara Membaca Bacaan Ikhfa'

Cara membaca hukum Ikhfa’ yang benar adalah dengan cara mengeluarkan suara نْ atau tanwin dari dalam rongga hidung sampai dengan terlihat samar atau jika ditulis latin menjadi "NG" atau "N", setelah itu disambung dengan dengung sekitar 1 sampai 1 1/2 Alif atau kurang lebih  2 - 3 harakat, kemudian barulah membaca huruf yang ada dibelakangnya (sesudahnya).

Kunci Menghafal 15 Huruf Bacaan Ikhfa'

Kunci utama dalam menghafal 15 huruf bacaan Ikhfa yaitu dengan cara menghafal huruf hijaiyah pada Hukum Idgham Bighunnah, Idgham Bilaghunnah, Izhar Halqi dan Iqlab. Jikalau huruf-huruf tersebut sudah dirasa hafal, maka otomatis sisanya sudah tentu masuk dalam hukum Ikhfa. Perhatikan gambar di bawah ini:

Pengertian, Cara Membaca dan Contoh Bacaan Ikhfa

Contoh Bacaan Ikhfa

Supaya lebih paham, disini saya akan membagikan sedikit contoh bacaan Ikhfa yang ada didalam Al-Quran, selebihnya Anda bisa mencarinya sendiri.

1. Surat Al-Lahab ayat 3

Contoh Bacaan Ikhfa dalam Surat Al-Lahab ayat 3

2. Surat Al-Zalzalah ayat 4

Contoh Bacaan Ikhfa dalam Surat Al-Zalzalah ayat 4

Artikel Terkait

Salah satu santri TPQ Rahmatul Ihsan yang ingin berbagi pengetahuan di dunia maya.

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon