Senin, 09 Januari 2017

Ciri-Ciri Sifat Hubbud Dunya

Ciri-Ciri Sifat Hubbud Dunya

Ciri-Ciri Sifat Hubbud Dunya - Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, Hubbud Dunya merupakan suatu penyakit yang paling membahayakan bagi kaum Muslim di samping musyrik. Hubbud Dunya adalah sifat seseorang yang terlalu cinta terhadap dunia. Ia biasanya mementingkan kehidupan di dunia tanpa memikirkan kehidupan di akhirat. Untuk lebih jelasnya silahkan baca Pengertian Hubbud Dunya dalam Islam.

Ciri seseorang yang memiliki penyakit cinta dunia di antaranya adalah ketika dalam mencari dunia tidak berfikir apakah hal itu halal atau haram. Ada yang mengibaratkan seseorang yang sudah terjerumus dalam Huddud Dunya itu seperti anak kecil yang belum mengerti apa-apa karena belum bisa membedakan mana perkara yang baik dan mana perkara yang buruk.

Ciri selanjutnya adalah takabur. Ketika belum memiliki harta ia akan terlihat biasa-biasa saja, akan tetapi ketika sudah memiliki harta atau jabatan ia menjadi sombong. Tas saja sudah tidak kuat membawa sendiri, harus dibawakan orang lain. Kursi yang ia singgahi pun juga ingin beda dengan yang lain, harus lebih besar. Segalanya ingin dibedakan, mulai dari pakaian, kendaraan, bahkan gaya berjalannya ingin berbeda seakan-akan ia memiliki kedudukan yang tinggi di mata orang lain. Padahal tak jarang seseorang jika melakukan hal demikian malah akan dihina karena tingkah lakunya yang kurang wajar.

Tidak jauh dari sifat takabur, ciri lainnya adalah suka pamer. Kerinduan ingin dipuji membuat tidak realistis, banyak berbohong, membuat lebih besar pasak daripada tiang. Hal ini tak lain adalah agar ia dianggap tinggi dibanding orang lain. Sejatinya fitrah manusia adalah suka akan keindahan, tapi bukan berarti jadi diperbudak oleh keindahan.

Berikutnya yaitu sifat dengki. Dengki adalah sikap seseorang yang senang ketika melihat orang lain susah dan susah ketika melihat orang lain senang. Sikap yang demikian tentu sangat dibenci oleh Allah, karena pada dasarnya mereka akan terus merasa kurang akan nikmat yang telah Allah berikan kepadanya.

Artikel Terkait

Salah satu santri TPQ Rahmatul Ihsan yang ingin berbagi pengetahuan di dunia maya.

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon