Selasa, 20 Desember 2016

Pengertian, Cara Membaca dan Contoh Mad Iwad

Pengertian, Cara Membaca dan Contoh Mad Iwad

Pengertian Mad Iwad

Pada kesempatan kali ini kita akan sedikit membahas mengenai cabang dari Mad Far'i, yaitu Mad Iwad. Jika didefinisikan, Mad memiliki arti panjang sedangkan Iwad bisa diartikan sebagai pengganti / mengganti. Jadi dapat disimpulkan bahwasannya hukum bacaan Mad Iwad ini adalah apabila terdapat huruf hijaiyah yang berharakat fatkahtain (tanwin) di akhir kalimat (waqof) maka huruf yang berharakat fatkahtain tersebut dibaca menjadi Mad Thabi'i.

Cara Membaca Mad Iwad

Perlu diketahui, hukum Mad Iwad ini tidak hanya berlaku pada akhir ayat, atau waqof yang sudah ditentukan dalam Al-Qur'an saja, akan tetapi juga berlaku ketika kita berhenti membaca ditengah-tengah ayat sebab nafas yang tidak sampai. Apabila kita berhenti pada kata yang berakhiran tanwin, maka kita wajib menggantinya dengan bacaan Mad Thobi'i.

Adapun cara membaca Mad Iwad ini adalah dengan memanjangkan bacaan sampai 2 harakat (ketukan) atau 1 Alif.

Contoh Bacaan Mad Iwad

Sebenarnya ada banyak sekali contoh dari bacaan Mad Iwad ini, bahkan hampir dari semua surat didalam Al-Quran terdapat bacaan ini.

Contoh Bacaan Mad Iwad

PENGECUALIAN...!!!

"Hukum Mad iwad yang telah di jelaskan diatas tidak berlaku pada ta' marbuta". Sebab apabila terdapat ta' marbutah berharakat tanwin yang berada di akhir kalimat (waqof) maka ia di baca sukun.

Artikel Terkait

Salah satu santri TPQ Rahmatul Ihsan yang ingin berbagi pengetahuan di dunia maya.

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon