Kamis, 24 November 2016

10 Hewan yang Dijamin Allah Masuk Surga

10 Hewan yang Dijamin Akan Masuk Surga - Surga dan neraka adalah suatu tempat yang akan ditempati kelak setelah semua makhluk hidup mengalami kematian. Mereka yang senantiasa beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT akan mendapatkan balasan berupa surga. Sebaliknya, bagi mereka yang ingkar akan dimasukkan ke dalam neraka.

Dari sekian banyak binatang yang hidup, ada beberapa diantaranya yang akan di masuk ke dalam surga Allah, bahkan 10 binatang ini sudah dipastikan menjadi penghuni surga. Tentu saja 10 binatang ini mempunyai keistimewaan tersendiri dibandingkan binatang lain yang ada di muka bumi.

10 Hewan yang Dijamin Allah Masuk Surga

Keistimewaan yang dimilikinya adalah kepatuhan mereka terhadap tuannya dan ikut serta berjuang dalam menegakkan agama tauhid di muka bumi. Lantas, hewan apa sajakah itu? Berikut adalah 10 Hewan yang Dijamin Allah Masuk Surga.

1. Keledai Nabi Udzair

Nabi Uzair a.s. adalah salah seorang nabi yang diperintah untuk bani Israil (bangsa Yahudi). Kisah keledai milik Nabi Uzair ini sudah tercantum dalam Surah Al-Baqarah ayat 259 yang artinya.

Atau apakah (kamu tidak memperhatikan) orang yang melalui suatu negeri yang (temboknya) telah roboh menutupi atapnya. Dia berkata: “Bagaimana Allah menghidupkan kembali negeri ini setelah hancur?” Maka Allah mematikan orang itu seratus tahun, kemudian menghidupkannya kembali. Allah bertanya: “Berapakah lamanya kamu tinggal di sini?” Ia menjawab: “Saya tinggal di sini sehari atau setengah hari.” Allah berfirman: “Sebenarnya kamu telah tinggal di sini seratus tahun lamanya; lihatlah kepada makanan dan minumanmu yang belum lagi berubah; dan lihatlah kepada keledai kamu (yang telah menjadi tulang belulang); Kami akan menjadikan kamu tanda kekuasaan Kami bagi manusia; dan lihatlah kepada tulang belulang keledai itu, kemudian Kami menyusunnya kembali, kemudian Kami membalutnya dengan daging.” Maka tatkala telah nyata kepadanya (bagaimana Allah menghidupkan yang telah mati) diapun berkata: “Saya yakin bahwa Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” QS. Al-Baqarah: 259

2. Ikan Paus Nabi Yunus

Ikan paus milik Nabi Yunus a.s. ini juga termasuk hewan yang akan masuk surga. Ikan tersebut adalah ikan Nun sebagaimana Al-Qur'an telah disebut. Ikan itu adalah ikan paus yang menelan Nabi Yunus ketika beliau dilempar ke laut sebab kapal yang ditumpanginya terlalu banyak muatan. Setelah ditelan dalam keadaan hidup, Nabi Yunus akhirnya dimuntahkan kembali di daerah yang tandus atas perintah Allah.

Ketika keluar dari perut ikan paus, pada waktu itu Nabi Yunus masih dalam kondisi lemah bagaikan anak burung yang baru keluar dari telurnya. Kemudian Allah mengasihinya dan menumbuhkan sebuah pohon dari jenis pohon labu untuk dijadikan tempat berteduh sampai keadaannya pulih kuat kembali.

3. Kambing Nabi Ismail

Kala itu, Allah SWT pernah menguji keteguhan hati Nabi Ibrahim a.s. dengan memerintahkan menyembelih anak satu-satunya Nabi Ismail a.s. Akan tetapi, sebab keikhlasan dan kepatuhan Nabi Ismail kepada Allah, maka ketika ia yang akan disembelih oleh ayahnya tersebut, ia berubah menjadi seekor kambing yang gemuk lagi sehat dan malaikat pun menyelamatkan Nabi Ismail dari penyembelihan atas perintah Allah SWT.

Kisah penyembelihan ini sudah tercantum jelas dalam Surah Ash-Shaffaat ayat 102-107. Nyata sudah ketataan dan kesabaran yang dimiliki oleh Nabi Ibrahim dan anaknya Nabi Ismail. Hingga akhirnya, peristiwa ini menjadi dasar utama dalam penyembelihan hewan Qurban pada Hari Raya Idul Adha.

4. Anjing Ashhabul Kahfi

Binatang selanjutnya yang dijanjikan masuk surga oleh Allah adalah anjing miliki Ashhabul Kahfi. Ashhabul Kahfi merupakan sekumpulan pemuda tangguh yang menjaga keimanan mereka dari raja-raja kafir quraisy.

Saking kuat iman yang dimilikinya, mereka rela mengasingkan diri dan bersembunyi di dalam gua. Pemuda-pemuda tersebut tidaklah sendirian, mereka juga ditemani oleh seekor anjing yang sangat setia terhadap mereka. Sebab merasa terlalu lelah dalam melakukan perjalanan, akhirnya mereka semua tertidur di dalam gua tersebut. Dikira hanya beberapa saat tertidur, ternyata mereka sudah tertidur selama 300 tahun. Kisah ini bisa ditemukan langsung dalam Surah Al-Kahfi ayat 9-22.

5. Semut Nabi Sulaiman

Seperti yang diketahui, Nabi Sulaiman a.s, adalah sosok nabi yang mampu berbicara pada binatang, salah satunya yaitu semut. Di suatu ketika, semut ini pernah membuat Nabi Sulaiman kagum ketika bertanya padannya beberapa pertanyaan. Waktu itu, beliau bertanya mengenai rezeki: "Wahai semut! Apakah engkau yakin ada makanan cukup untukmu?". Semut pun menjawab: "Sesungguhnya rezeki ada di tangan Allah, aku yakin di atas batu kering di padang pasir yang tandus ini ada rezeki untukku."

6. Sapi Nabi Musa

Sapi milik Nabi Musa juga merupakan salah satu binatang yang dijamin Allah masuk surga. Waktu itu, ada salah seorang Bani Israil yang meninggal dunia. Mereka ingin tahu siapakah pembunuh orang itu. Kemudian datanglah Bani Israil tersebut kepada Nabi Musa untuk diminta petunjuk. Maka Allah SWT menyuruh mereka agar menyembelih seekor sapi betina milik anak yatim dan dipukulkan kepada mayat yang sudah mati itu. Setelah dipukul, orang mati itu langsung hidup dalam sekejap untuk mengabarkan siapakah pembunuh yang sebenarnya.
Baca juga: 10 Hal yang Perlu Diketahui Oleh Setiap Muslim

7. Unta Nabi Saleh

Unta Nabi Saleh a.s. ini juga merupakan hewan yang sudah dipastikan masuk surga. Unta ini adalah salah satu mukjizat yang diberikan Allah SWT kepada Nabi Saleh, akan tetapi dibunuh oleh kaumnya sendiri yang bernama Tsamud.

Oleh karena perbuatannya itu, maka Allah memberikan azab berupa dihancurkannya kaum Tsamud dan tidak ada satupun yang tersisa di muka bumi ini. Kisah tentang unta Nabi Saleh ini juga sudah tercantum dalam Al-Qur’an Surah Huud ayat 64-68.

8. Anak Sapi Nabi Ibrahim

Anak sapi ini digunakan oleh Nabi Ibrahim a.s. untuk disembelih dan dihiduangkan kepada tamunya. Akan tetapi tamu-tamu itu sebenarnya adalah malaikat yang menjelma manusia atas perintah Allah SWT. Kisah ini sudah dijelaskan dalam Al-Qur'an Surah Adz-Dzariyat: 24-30.

9. Burung Hud-Hud Ratu Bilqis

Selain semut, Nabi Sulaiman juga mampu berbicara dengan burung Hud-hud, yakni sejenis burung pelatuk. Kala itu, burung ini dijadikan kurir oleh Nabi Sulaiman untuk menyampaikan surat kepada Ratu Balqis dan mengajaknya agar beriman kepada Allah SWT. Ratu Balqis ini adalah seorang ratu yang memerintah negeri Saba’. Kisah ini bisa kita lihat dalam Al-Qur’an Surah An-Naml ayat 20-31.

10. Unta Nabi Muhammad SAW

Dalam melakukan perjalan dakwahnya, Rasulullah SAW menunggangi seekor unta untuk membawanya hijrah ke Madinah pertama kali dengan sahabatnya Abu Bakar Ash-Shiddiq. Unta tersebut digunakan sebagai petunjuk arah dimana Rasulullah akan tinggal di Madinah. Unta ini pun lalu berhenti di sebuah rumah milik sahabat yang bernama Abu Ayub Al Anshari. Dan di rumah itulah Rasulullah menghabiskan hidupnya hingga akhir hayat.

Itulah pembahasan kita tentang 10 Hewan yang Dijamin Allah Masuk Surga. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan kita semua.

Artikel Terkait

Salah satu santri TPQ Rahmatul Ihsan yang ingin berbagi pengetahuan di dunia maya.

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon