Rabu, 23 November 2016

10 Hal yang Perlu Diketahui Oleh Setiap Muslim

10 Hal yang Perlu Diketahui Oleh Setiap Muslim

TAHUKAH KAMU...??

Bahwa ikan ribuan tahun lalu yang menelan Nabi Yunus alaihissalam itu ternyata masih hidup hingga sekarang, bahkan hingga hari kiamat nanti? Hal ini sudah tercantum jelas dalam Al-Qur'an sebagaimana firman Allah Surah As-Shafat ayat ke 143-144 yang berarti:

“Maka kalau sekiranya dia (Yunus) tidak termasuk orang-orang yang banyak (bertasbih) mengingat Allah, niscaya ia akan tetap tinggal di perut ikan itu sampai hari kebangkitan.” (QS As-Shafat 143-144)

TAHUKAH KAMU...??

Bahwa menguap itu bukan tanda bahwa kita mengantuk, akan tetapi itu merupakan pertanda bahwa tubuh kita memerlukan tambahan oksigen.

TAHUKAH KAMU...??

Ketika seseorang yang sedang bersin, seluruh anggota tubuhnya akan berhenti berfungsi, seolah-olah mati. Hal ini terjadi dalam hitungan detik sehingga membuat jarang orang yang tahu, namun setelah itu berfungsi normal kembali. Inilah mengapa dalam ajaran agama Islam kita di sunnahkan untuk membaca "Alhamdulillah" setelah bersin, sebagai ungkapan rasa syukur atas berfungsinya kembali seluruh anggota badan kita.

TAHUKAH KAMU...??

Bahwa tepat setelah adzan dikumandangkan itu adalah waktu yang mustajab untuk berdo'a.

TAHUKAH KAMU...??

Jika memakan kurma dalam jumlah genap itu akan menghasilkan gula darah. Untuk itu Rasulullah SAW menganjurkan kita untuk memakannya dalam jumlah ganjil, agar berubah menjadi karbohidrat.

TAHUKAH KAMU...??

Di ceritakan ada seorang wanita sholihah yang meninggal dunia, kemudian setiap kali ada penduduk desa yang melakukan ziarah kubur kepada saudara atau kerabat, mereka mencium harumnya mawar dari dalam kubur, lalu suaminya menjelaskan, bahwa istrinya tersebut semasa hidupnya selalu membaca Surah Al-Mulk setiap kali hendak tidur. Salah satu fadhilah dari Surah ini yaitu untuk menyelamatkan dari siksa kubur.

TAHUKAH KAMU...??

Bahwa para malaikat mendo'akan kita ketika selesai melakukan shalat, karena itu jangan terburu-buru untuk beranjak (beralih) dari posisi duduk shalat kita (takhiyat akhir).

TAHUKAH KAMU...??

Ketika kita membaca ayat kursi setiap melaksanakan shalat, maka tidak ada penghalang antara kita dan surga kecuali maut.

TAHUKAH KAMU...??

Bahwa janin semasa didalam kandungan perut ibunya, dia diperlihatkan perjalanan hidupnya mulai dari lahir sampai mati, karena itu terkadang ketika kita sedang berkunjung ke suatu tempat yang menurut kita baru, tapi seolah tempat tersebut sudah tidak asing bagi kita.

TAHUKAH KAMU...??

Di mana dosa-dosa kita diletakkan ketika kita sedang melakukan shalat?

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda: "Sesungguhnya seorang hamba ketika menunaikan shalat, dia membawa semua dosa-dosanya, kemudian dosa-dosa itu di taruh di atas kepala dan kedua pundaknya, maka setiap kali ia ruku' atau sujud berjatuhanlah dosa-dosa tersebut".

Wahai orang-orang yang sering tergesa-gesa dalam shalatnya, tenanglah... dan tahanlah lebih lama ruku' dan sujudmu, agar lebih banyak lagi berguguran dosa-dosamu.

Itulah 10 Hal yang Perlu Diketahui Oleh Setiap Muslim, mungkin hal ini terlihat sepele atau aneh, akan tetapi ketahuilah, bahwa semua itu tentu ada sesuatu ataupun sebabnya tersendiri.

Artikel Terkait

Salah satu santri TPQ Rahmatul Ihsan yang ingin berbagi pengetahuan di dunia maya.

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon