Jumat, 25 November 2016

10 Keutamaan Hari Jum'at yang Jarang Kita Ketahui

10 Keutamaan Hari Jum'at yang Jarang Kita Ketahui - Dalam agama Islam, semua hari itu baik. Akan tetapi dari ke-7 hari yang ada, ada satu hari yang di nilai mempunyai keutamaan serta kemuliaan tersendiri sebab pada hari itulah terdapat historis dalam sejarah Islam.

Menurut kalender Hijriyah, Jum'at merupakan hari yang ke-6 dalam sepekan. Asal mula kata Jum'at ini berasal dari Bahasa Arab yakni Jumu'ah yang berarti berkumpul, sebab di hari itu semua orang Islam yang berjenis kelamin laki-laki akan berkumpul untuk menunaikan ibadah sholat Jum'at.

10 Keutamaan Hari Jum'at yang Jarang Kita Ketahui

Selain itu, hari Jum'at juga mempunyai beberapa keutamaan dibanding hari-hari lainnya karena berbagai hal. Namun sayang, banyak masyarakat terkhusus beragama Islam yang masih belum mengtahui akan keistimewaan hari yang satu ini. Untuk itu, disini saya akan sedikit mengulas tentang keutamaan hari Jum'at, setidaknya ada 10 keutamaan yang akan saya jelaskan seperti di bawah ini.

1. Hari Jum'at adalah sebaik-baik hari

Hal ini pernah dijelaskan oleh Abu Hurairah Radhiyallahu ’anhu dari Rasulullah SAW, bahwasanya beliau bersabda,

”Sebaik-baik hari yang matahari terbit padanya (hari cerah) adalah hari Jum’at, (karena) pada hari ini Adam diciptakan, hari ini pula Adam dimasukkan ke dalam surga dan dikeluarkan darinya, dan tidaklah akan datang hari kiamat kecuali pada hari Jum’at.” (HR Muslim).

2. Hari ’Ied (perayaan) umat Islam yang berulang-ulang setiap pekan

Dari Ibnu ’Abbas berkata, Rasulullah SAW bersabda,

”Sesungguhnya hari ini adalah hari ’Ied yang Allah jadikan bagi kaum Muslimin, barangsiapa yang mendapati hari Jum’at hendaknya ia mandi…” (HR Ibnu Majah dalam Shahih at-Targhib I/298).

3. Terdapat waktu yang mustajabah untuk berdo'a

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ’anhu berkata, Rasulullah SAW bersabda,

”Sesungguhnya di dalam hari Jum’at ini, terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang Muslim menemuinya (hari Jum’at) sedangkan ia dalam keadaan berdiri sholat memohon sesuatu kepada Allah, melainkan akan Allah berikan padanya.” (Muttafaq ’alaihi)

4. Orang yang berjalan untuk menunaikan sholat Jum’at, tiap langkahnya ada pahala puasa dan sholat setahun.

Sebagaimana hadits dari Aus bin Aus radhiyallahu ’anhu dari Rasulullah SAW bersabda,

”Barangsiapa yang mandi lalu berwudhu pada hari Jum’at, kemudian ia bersegera dan bergegas (untuk sholat), kemudian ia mendekat kepada imam dan diam, maka baginya pada setiap langkah kaki yang ia langkahkan (ada pahala) puasa dan sholat selama satu tahun, dan yang demikian ini adalah sesuatu yang mudah bagi Allah.” (HR Ahmad dan Ashhabus Sunnan, dishahihkan oleh Ibnu Khuzaimah).

5. Sedekah di Hari Jum'at lebih utama dibanding hari lainnya

Ibnul Qayyim berkata, ”Bersedekah pada hari Jum’at lebih utama dibandingkan hari-hari lainnya dalam sepekan, seperti bersedekah pada bulan Ramadhan dibandingkan bulan-bulan lainnya.”

6. Hari berkewajiban untuk menunaikan ibadah sholat Jum’at

Kewajiban sholat Jum’at adalah sebesar-besar kewajiban dalam Islam yang paling ditekankan oleh seluruh kaum muslimin laki-laki. Barangsiapa yang meninggalkan sholat Jum’at sebab meremehkannya, niscaya Allah akan menutup hatinya sebagaimana dalam sebuah hadits shahih yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.

7. Api neraka di nyalakan setiap hari dalam sepekan kecuali di hari Jum’at

Keutamaan lain dari hari Jum'at adalah dipadamkannya api-api neraka. Yang mana hal ini sebagai (salah satu bentuk) kemuliaan terhadap hari yang agung.
Baca juga: 10 Hewan yang Dijamin Allah Masuk Surga

8. Hari penghapus dosa-dosa

Dari Salman bahwasanya beliau berkata, Rasulullah SAW bersabda,

”Tidaklah seorang hamba mandi pada hari Jum’at dan bersuci dengan sebaik-baik bersuci, lalu ia meminyaki rambutnya atau berparfum dengan minyak wangi, kemudian ia keluar (menunaikan sholat Jum’at) dan tidak memisahkan antara dua orang (yang duduk), kemudian ia melakukan sholat apa yang diwajibkan atasnya dan ia diam ketika Imam berkhutbah, melainkan segala dosanya akan diampuni antara hari Jum’at ini dengan Jum’at lainnya.” (HR Bukhari)

9. Hari tatkala Allah SWT menampakkan diri pada hamba-Nya di surga

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu ’anhu, beliau berkata tentang firman Allah Azza wa Jalla,

وَلَدَيْنَا مَزِيْدٌ

”Dan pada sisi kami ada tambahannya.” (QS Qaf, 35)

Beliau berkata, ”Allah muliakan mereka pada tiap hari Jum’at.”

10. Orang yang meninggal di hari Jum'at atau malamnya merupakan tanda Husnul Khotimah

Seseorang yang wafat pada hari Jum'at atau malamnya, ia akan aman dari siksa kubur dan dari pertanyaan dua Malaikat (Munkar dan Nakir). Hal ini pernah dijelaskan Ibnu ’Amr radhiyallahu ’anhuma beliau berkata, Rasulullah SAW bersabda,

”Tidaklah seorang muslim meninggal di hari Jum’at atau pada malam Jum’at, kecuali Allah Ta’ala lindungi dari fitnah kubur.” (R Ahmad dan Turmudzi, dishahihkan oleh al-Albani).

Sungguh Allah SWT telah menciptakan satu hari yang mulia dalam sepekan untuk dapat kita manfaatkan sebaik mungkin agar mendapatkan keberkahan dan pahala lebih.

Demikian pembahasan 10 Keutamaan Hari Jum'at yang Jarang Kita Ketahui, semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Amin...

Sumber : http://www.fimadani.com

Artikel Terkait

Salah satu santri TPQ Rahmatul Ihsan yang ingin berbagi pengetahuan di dunia maya.

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon