Rabu, 05 Oktober 2016

Kisah Pencuri Barang Curian Tidak Dapat Keluar Rumah

Pencuri Barang Curian Tidak Dapat Keluar Rumah

Pencuri Barang Curian Tidak Dapat Keluar Rumah - Mencuri adalah perbuatan yang tercela. Barang dari hasil curian tentu saja menjadi barang haram yang dilarang Islam untuk digunakan/dimanfaatkan. Meski barang itu untuk di sedekahkan, tetapi cara mendapatkannya yang masih salah sehingga orang tersebut tidak mendapat pahala, melainkan tetap mendapat dosa karena hasil mencurinya.

Rabi'ah al-Adawiyah adalah salah satu orang yang perabot rumah di curi oleh seseorang. Akan tetapi setelah si pencuri masuk, ia tidak bisa keluar rumah atas izin Allah SWT. Langsung saja, inilah kisah Pencuri Barang Curian Tidak Dapat Keluar Rumah.

Diriwayatkan bahwasanya ada pencuri masuk rumah wanita shalehah bernama Rabi'ah al-Adawiyah.

Pada saat itu Rabi'ah sedang tidur. Pencuri merasa mempunyai kesempatan yang amat luas, sehingga dapat mengumpulkan perabot-perabot rumah dan berusaha keluar dari rumah melalui satu pintu.

Saat akan keluar, pencuri itu ternyata tidak melihat pintu yang dimaksud. Ia kemudian duduk sambil menunggu agar dapat melihat kembali pintu yang akan digunakan keluar rumah. Namun, tiba-tiba ada suara yang berkata: "Letakkan perabot-perabot rumah itu dan keluarlah melalui pintu!"

Ketika ia sudah meletakkan barang-barang, pintu yang sebelumnya pernah ia lewati tampak kembali.

Setelah pintu sudah terlihat olehnya, ia berusaha membawa barang-barang itu lagi untuk dibawa keluar. Tiba-tiba pintu rumah tersebut hilang lagi dari penglihatannya. Lalu ia meletakkan lagi barang-barang tersebut dan pintu rumah itu tampak lagi.

Setelah ia membawa barang-barang, pintu itu tidak terlihat lagi. Begitu berulang-ulang sampai tiga kali. Kemudian ada hatif (suara tanpa rupa) lagi yang berkata: "Walaupun Rabi'ah al-Adawiyah sedang tidur, namun kekasih-Nya (Allah) tidak pernah tidur, sebab Dia tidak pernah menganuk dan tidak pernah tidur."

Mendengar suara panggilan itu, pencuri tersebut meletakkan barang-barang curiannya dan keluar dengan tangan hampa (tanpa membawa suatu apapun).
Hikmah cerita: Ini adalah salah satu contoh bahwa kekasih Allah SWT itu selalu dilindungi-Nya dimana pun dan dalam kondisi apapun.

Rabi'ah al-Adawiyah ini adalah wanita shalehah yang abid (ahli ibadah). Pernah disuatu cerita Rabi'ah ini sedang melakukan sholat, kemudian sajadah beserta dirinya melayang diatas udara. Saking khusyu' nya saat shalat, Rabi'ah tidak menyadari akan hal itu. Subhanallah...

Artikel Terkait

Salah satu santri TPQ Rahmatul Ihsan yang ingin berbagi pengetahuan di dunia maya.

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon