Senin, 07 November 2016

Pengertian, Cara Membaca dan Contoh Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi

Pengertian, Cara Membaca dan Contoh Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi

Pengertian Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi

Mad Lazim Muthawwal atau biasa dikenal dengan Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi adalah satu dari 13 bagian Hukum Mad Far’i dalam ilmu tajwid. Sebagaimana hukum-hukum Mad Far’i lainnya, kunci utama dalam memahami bacaan Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi ini yaitu hukum Mad Thobi’i.

Seperti pada bacaan-bacaan yang lain, mad berarti panjang, lazim bermakna wajib atau pasti, mutsaqqal artinya diberatkan dan kilmi yaitu perkataan.

Hukum Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi terjadi ketika ada huruf dari Mad Thobi’i (ا يْ وْ) bertemu dengan huruf hijaiyah yang bertasydid. Tanda baca tasydid yang dimaksud disini bukanlah Tasydid Hukum, melainkan Tasydid Ashli.

Cara Membaca Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi

Panjang bacaan pada Mad Lazim Kilmi Mutsaqqal ini yaitu harus 3 alif atau 6 harakat (tidak bisa ditawar lagi), hal ini tentu saja sangat mirip dengan hukum Mad Wajib Muttashil. Dua hukum ini memiliki tanda (simbol) berupa garis lengkung seperti gambar pedang.

Tanda atau simbol “Pedang” dalam Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi tersebut berada di antara huruf hijaiyah Mad Thobi’i dengan huruf yang bertasydid.

Cara membaca Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi adalah dengan terlebih dulu membaca dengan dipanjangkan huruf hijaiyah Mad Thobi’i sekitar 3 alif kemudian dilanjutkan masuk ke dalam huruf yang bertasydid. Dalam hal ini, pembaca diwajibkan untuk memberatkan huruf yang bertasydid setelah membaca huruf hijaiyah Mad Thobi’i. Untuk lebih jelas, langsung saja lihat contohnya.

Contoh Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi

1. Surat Al-Fatihah ayat 7

Contoh Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi dalam Surat Al Fatihah
2. Surat Ar-Rahmad ayat 39

Contoh Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi dalam Surat Ar Rahman

Artikel Terkait

Salah satu santri TPQ Rahmatul Ihsan yang ingin berbagi pengetahuan di dunia maya.

1 komentar so far

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon