Jumat, 16 September 2016

Tata Cara Sholat Dhuha Lengkap dengan Doa

Tata Cara Sholat Dhuha Lengkap dengan Doa

Tata Cara Sholat Dhuha Lengkap dengan Do'a - Sholat Dhuha adalah salah satu shalat sunnah yang dikerjakan minimal dua raka’at dan bisa dikerjakan maksimal 12 raka’at dimana pada masing-masing dua raka’atnya diakhiri dengan satu salam. Waktu pelaksanaan sholat Dhuha ini dapat dikerjakan ketika matahari sudah terbit atau tepatnya sekitar pukul 07.00 pagi hingga masuk waktu shalat Zhuhur yakni kurang dari jam 12.00 siang. Namun ada baiknya jika kita mengerjakan shalat Dhuha ini sekitar jam 08.00 - 10.00 pagi.

Keutamaan bagi seseorang yang mengerjakan sholat Dhuha ini ialah dapat memperlancar, melapangkan serta dipermudahkan oleh Allah SWT rezeki orang tersebut. Selain itu, shalat Dhuha juga dapat menghapus dosa-dosa bagi orang yang mengerjakannya. Tetapi manfaat sholat Dhuha yang paling utama ialah untuk mempermudahkan rezeki sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW yang berbunyi, ” Sholat Dhuha dapat mendatangkan suatu rezeki dan menolak kefakiran, dan tidak ada yang akan memelihara sholat Dhuha melainkan orang-orang yang bertaubat ”.

Adapun Tata Cara Sholat Dhuha sendiri dilakukan sama halnya dengan mengerjakan sholat pada umumnya, yakni mengawali sholat dengan membaca Niat Shalat, Membaca Surat Al Fatihah dilanjutkan dengan Surat, Ruku, I’tidal, Sujud dan diakhiri Salam. Hanya saja disini saya akan memberikan dua Surat yang biasa dibaca ketika sedang melaksanakan sholat Dhuha.

Tata Cara Sholat Dhuha


Membaca Niat

Membaca Niat Sholat Dhuha

Langkah awal untuk mengerjakan sholat Dhuha adalah dengan membaca niat. Membaca niat ini boleh dilakukan dengan dilafadzkan juga boleh membacanya dalam hati. Adapun arti dari niat ini adalah ” Aku niat shalat Dhuha dua raka’at karena Allah Ta’ala, Allahu Akbar ”.

Membaca Al-Fatihah

Membaca Al-Fatihah

Setelah membaca niat, Anda bisa melanjutkannya dengan membaca Surat Al-Fatihah. Tetapi kebanyakan orang setelah membaca niat, mereka kemudian membaca do'a Iftitah seperti halnya sholat wajib. Dan perlu diketahui bahwa do'a Iftitah ini adalah hukumnya Sunnah. Jadi Anda bisa membacanya, juga bisa tidak. Namun akan lebih baik jika Anda membacanya.

Membaca Surat Asy Syamsu (Raka’at Pertama)

Membaca Surat Asy Syamsu

Untuk raka’at pertama setelah membaca Al-Fatihah, kemudian dilanjutkan dengan membaca Surat Asy Syamsu (Wasy Syamsi Wadluhaaha). Akan tetapi, jika Anda belum hafal Surat Asy Syamsu ini, Anda bisa menggantinya dengan membaca Surat Al-Kafirun (Qulya Ayyuhal Kafirun).

Membaca Surat Adh-Dhuha (Raka’at Kedua)

Membaca Surat Adh-Dhuha

Setelah membaca Surat Asy Syamsu, dilanjutkan dengan Ruku’, I’tidal, Sujud hingga berdiri untuk raka’at kedua. Dalam raka’at kedua ini setelah membaca Al-Fatihah, selanjutnya Anda hanya membaca Surat Adh-Dhuha. Namun jika Anda belum hafal Surat Adh-Dhuha, Anda bisa menggantinya dengan membaca Surat Al-Ikhlas (Qulhuwallahu Ahad).

INGAT! Bacaan Surat Adh-Dhuha diatas dibaca setelah Surat Al Fatihah di raka’at kedua, setelah itu Ruku’, I’tidal, Sujud sampai Salam. Setelah mengerjakan sholat Dhuha Anda disunnahkan untuk duduk dan berdzikir secara khusyu' sebelum membaca do'a sholat Dhuha.

Do’a Setelah Mengerjakan Sholat Dhuha


Setelah selesai mengerjakan sholat Dhuda dan berdzikir, selanjutnya yaitu membaca do’a sholat Dhuha sebagai pelengkapnya. Berikut adalah bacaan do'a sholat dhuha:

Do’a Setelah Mengerjakan Sholat Dhuha

Adapun jika Anda belum mampu menghafal do’a tersebut, Anda bisa membacanya. Atau juga bisa berdo’a dengan bahasa Indonesia, sebab didalam Islam tidak menyulitkan para hamba-Nya dalam melakukan berbagai hal dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Pemurah.

Itulah sedikit pembahasan saya tentang Tata Cara Sholat Dhuha Lengkap dengan Do'a. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu serta menambah wawasan sobat beriman semua. Dan jika diantara sobat beriman ada yang masih bingung tentang tata cara sholat dhuha ini, Anda bisa bertanya di kolom komentar yang telah disediakan. Sekan dari saya dan terima kasih sudah berkunjung.

Artikel Terkait

Salah satu santri TPQ Rahmatul Ihsan yang ingin berbagi pengetahuan di dunia maya.

This Is The Oldest Page

2 komentar

Lengkap juga ya :-) dulu sih kalau masih sekolah suka sholat duha tapi sekarang karena sudah kerja jadi jarang sob. Btw itu doa nya gambar ya ? saya kira bisa pakai tulis langsung di blog :-)

iya gan itu gambar, kalau tulisan asli blog jadinya gak jelas jadinya saya kasih gambar aja.. hehe :D

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon